Jumat, 06 Maret 2015

DIET PENYAKIT JANTUNG DALAM ISLAM

http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRP20alrDznebDXqmP5HAClXEXzPykv4vAiWds85AWMPL_olyt4iw 







*PENYAKIT JANTUNG
      
      Serangan jantung mendadak merupakan pembunuh nomor satu di Amerika Serikat dan Eropa.Kini serangan jantung telah menjadi endemi dan mulai menyerang kawula muda.Beberapa tahun lalu,penyakit jantung (infact otot jantung) hanya menyerang mereka yang berusia 60 sampai 70 tahun.Kini hampir setiap hari kita melihat orang-orang muda terserang penyakit tersebut.Padahal usia mereka baru 30-40 Tahun.Bahkan dalam beberapa kasus,penyakit jantung sudah menyerang orang yang berusia 20 tahun.

      Serangan jantng (infarct otot jantung) timbul akibat tersumbatnya salah satu pembuluh arteri koroner karena pembekuan. Penyumbatan ini menyebabkan terbatasnya atau terputusnya aliran darah ke suatu bagian dari jantung.Jika terputusnya atau berkurangnya aliran darah ini berlangsung lebih dari beberapa menit,maka jaringan jantung akan mati.
         Penyebab serangan jantung :
         1. Faktor yang tidak bisa di kontrol : jenis kelamin,usia dan keturunan.
         2. Faktor yang bisa di kontrol          : penyakit kolestrol,DM ,Hipertensi dan obesitas.

*ANJURAN RASULULLAH
         Salah satu cara mencegah serangan jantung adalah dengan menghindari peningkatan kolestrol dan obesitas. Peningkatan kolestrolbiasanya terjdi apada saat orang mengonsumsi lemak hewani yang berlebihan sperti daging,mentega, keju ,minyak samin dan sebagainya.Semakin tinggi kolestrol dalam darah semakin tinggi resiko terkena penyakit jantung.
      Sedangkan obesitas mengundang potensi terserang penyakin diabetes dan hipertensi yang nantinya juga akan berdampak pada jantung. Sebagaimana kita ketahui bahwa kegemukan disebabkan karena banyak makan dan atau terlalu banyak gerak. Para ahli gizi menganjurkan kita untuk makan makanan yang tidak mengandung lemak jenuh dan kolestrol tinggi,serta menjaga berat tubuh ideal.
     Rasulullah SAW menganjurkan kita agar menjaga keseimbanganpola makan. Tirmidzi meriwayatkan dari Ibnu Umar , "Seorang laki-laki bersendawa di depan Rasulullah .Beliau lalu berkata, " Hentikan sendawamu itu dari kami,karena orang yang paling banyak kenyang di dunia ,ia akan menjadi orang yang paling lama lapar di hari kiamat".
       Aisyah meriwayatkan , "Perkara pertama di tengah umat ini setelah zaman nabinya adalah kekenyangan. Ketika perut satu kaum kenyang,maka tubuh mereka akan gemuk hati mereka akan merasa lemah dan syahwat mereka akan liar ." (H.R Bukhari)
        Jika kita benar-benar ingin menghindari kegemukan dan berbagai pengaruhnya terhadap jantung atau penyakit diabetes,yang dituntut dari kita hanya mengingat dan menerapkan sabda Raulullah di setiap kali makan. " Tidaklah anak Adam mengisi suatu bejana yang lebih buruk dari perutnya.Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap makanan sekedar untuk menegakkan tulang punggungnya .Jika tidak buatlah perutnya sepertiga untuk makanan,sepertiga untuk minuman dan sepertiga lagi untuk udara nafasnya." (HR Ahmad dan Tirmidzi)
          Allah menghimpun ilmu kesehatan dan gizi dalam satu ayat yang terdiri dari 3 kalimat saja. Dia berfirman :
يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ خُذُوا۟ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا۟وَٱشْرَبُوا۟ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

              " Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan."
(QS: Al-A'raf Ayat: 31)   
http://www.sehataja.com/wp-content/uploads/2013/07/Cari-Tahu-Yuk-Ciri-Ciri-Nyeri-Dada-Akibat-Penyakit-Jantung-3.jpg
1. Mengonsumsi Minyak Zaitunhttps://www.blogger.com
         Organisasi Kesehatan Amerika menganjurkan untuk mengonsumsi  minyak zaitun,karena minyak zaitun berkhasiat dalm menurunkan koletrol. Riset ilmiah juga mennjukan bahwa penduduk negara-negara pesisir Laut Tengah adalah orang-orang yang paling jarang terkena serangan  jantung karena mereka sering mengonsumsi minyak zaitun.
       Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk mengonsumsi minyak zaitun .Beliau bersabda "Makanlah zaitun dan lumurilah dirimu dengannya,karena ia berasal dari pohon yang diberkati" (H.R Ahmad dan Tirmidzi)
          Zaitun adalah pohon yang Allah sebutkan dalam Al-Quran yaitu dalam firmannya :

ٱللَّهُ نُورُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ مَثَلُ نُورِهِۦ كَمِشْكَوٰةٍ فِيهَا مِصْبَاحٌ ۖ ٱلْمِصْبَاحُ فِى زُجَاجَةٍ ۖ ٱلزُّجَاجَةُ كَأَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّىٌّ يُوقَدُ مِن شَجَرَةٍ مُّبَٰرَكَةٍ زَيْتُونَةٍ لَّا شَرْقِيَّةٍ وَلَا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِىٓءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ ۚ نُّورٌ عَلَىٰ نُورٍ ۗ يَهْدِى ٱللَّهُ لِنُورِهِۦ مَن يَشَآءُ ۚ وَيَضْرِبُ ٱللَّهُ ٱلْأَمْثَٰلَ لِلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌ
            Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
(QS: An-Nuur Ayat: 35)

2.  Mengonsumsi Ikan
          Pakar Gizi dan dokter jantung  agar dalam satu minggu kita mengonsumsi paling sedikit kita mengonsumsi 2 porsi ikan. Rasulullah telah menyinggung masalah ikan ini,Beliau bersabda "Makanan pertama ahli surga adalah minyak hati ikan paus." (HR Muslim)
          Mengonsumsi minyak ikan tidak hanya mencegah penyakit arteri jantung dan peningkatan lemak darahm tetapi juga  dapat mengobati migrain,sakit kepala,sakit persendian dsb.

3.Olahraga
         Olahraga termasuk salah satu cara efektif untuk mencegah penyumbatan arteri jantung..Oleh sebab itu setiap orang harus melakukan sejenis olahraga seperti berjalan kaki ,berlari dan berenang kurang lebih 20 m3nitsekurang-kurangnya 2 sampai  3 kali dalm seminggu.
          Rasulullah juga menganjurkan kita untuk berjalan ke mesjid bukan dua atau tiga kali seminggu ,melainkan 5 kali dalam sehari .Kadang letak mesjid berjarak 10 menit atau lebih dari tempat kediaman kita.Bukankah disini terkandung olahraga yang menyehatkan jantung?.
         Bukhari dan muslim meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda " Manusia yang paling besar pahalanya dalam shalat adalah yang paling jauh jaraknya ke tempat shalat itu".

4. Tidak merokok
           Berbagai riset ilmiah menyimpulkan bahwa potensi serangan jantung para perokok mencapai tiga kali lipat dari non perokok. Tak diragukan lagi di dalam rokok terkandung berbagai zat berbahaya.

5. Menghindari depresi
          Terdapat sejumlah studi ilmiah menunjukkan bahwa orang-orang yang sering marah adalah orang-orang yang paling rentan terserang penyakit jantung.
           Islam mengajarkan kita untuk bersabar dalam menghadapi cobaan dan musibah. Dalam hadist yang diriwayatkan Muslim Rasulullah bersabda "Sungguh menakjubkan perkara seorang mukmin.Semua perkaranya baik dan itu takkan dialami kecuali oleh seorang mukmin. Jika ia mendapat nikmat dan kebahagiaan ia pun beryukur,dan itu menjadi baik baginya.Dan jika ia mengalami perkara ,maka ia bersabar dan itu akan menjadi baik baginya."



SUMBER : " BUKU PINTAR SAINS DALAM ALQURAN (Dr. Nadiah Thayyarah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar