Pengalaman Memilih Jurusan Perkuliahan


Awalnya saya juga bingung mau kuliah jurusan apa , ceritanya begini :
Waktu kelas 3 SMA itu kita kan udah bingung tu mau kuliah dijurusan apa, saya dan teman-teman udah ancang2 sih dari kelas 2 SMA dan itu selalu berubah-ubah dipikiran saya  . Sebelum 3 bulan mau Ujian Nasional saya mengikuti salah satu   seleksi masuk Universitas yaitu nama jalur di kota saya Namanya PBUD , saya waktu itu memilih 3 jurusan , jurusan yang I saya pilih  S1 Keperawatan kalau tidak salah ( ya betul) yang kedua MIPA Biologi yang 3 saya lupa . Padahal dari awal saya tidak berminat dengan yang namanya Jurusan Kesehatan yang waktu itu saya dikenakan pembayaran (nominalnya saya lupa ) ,semua orang katanya bangga ketika bisa masuk dan lulus seleksi jalur PBUD ,tapi saya kira tidak untuk angkatan saya, sama saja dengan jalur seleksi yang lainnya, kelebihannya kalau udah masuk Universitas yang bersangkutan tidak terlalu spesial juga ,berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya ,jika lulus SPP Per semesternya lebih ringan, kelebihannya ya nilai rapor yang menentukan nya ,tidak perlu kita ikut seleksi tertulis lagi . Saat pengumuman keluar saya dikatakan Tidak Lulus (sedih memang)
 Selain itu saya juga mengikuti PBUD UIN (Bukan PBUD namanya mungkin ,saya lupa ) . Saya mengambil Jurusan yang pertama Teknik Industri (sumpah ini jauh dari dugaan -_-) Jurusan yang kedua dan seterusnya saya lupa (kebanyakan lupa hahahaha) . Alhamdulillah saya lulus di Jurusan Teknik Industri ( Kurang bangga sih, saya bingung T.Industri tu kayakmana ) . seleksi ini juga ada bayar administrasi gitu . Saya Tidak mengambil Kelulusan ini lantaran ada saudara tidak membolehkan (katanya “kamu seorang wanita”), Apa hubungannya cobak ?, mungkin mereka tak mau saya jadi seperti laki-laki  dan sebagainya hahahha . 
Saya juga mengikuti seleksi SMPTN . Ini paling galau dalam memilih jurusan dan kota ,Padahal dari awal saya pengen kali kuliah di lura kota terutama Pulau Jawa,namun apa ada orangtua tak membolehkan maklum anak gadis satu-satunya dan anak paling kecil lagi. Tapi saya tetap memilih jurudan dan Universitas Negeri di luar pulau Jawa (Anak Nakal) . Jurusan yang pertama saya pilih Teknikbiomedik Di Universitas Airlangga, jurusan yang kedua dan seterusnya saya lupa saking berminatnya di jurusan satu  ini ,soalnya gajinya besar katanya . Namun sayang semua ini hanya fiktif belaka , saya gagal dengan SNMPTN ini .
Jalur seleksi selanjutnnya yang saya ikuti yaitu SPAN PTAIN (Untuk UIN seluruh Indonesia ), berhubung ini seleksinya gratis dan gak bayar ,saya dan teman saya ikut coba-coba mana tau lulus ( Seleksi Universitas Negeri kok coba-coba?) . Jurusan pertama yang saya pilih Ekonomi Syariah Uin Syarif Hidayatullah Jakarta . Alhamdulillah saya lulus,namun sayang ini juga fiktif belaka ketika hati saya sudah riang gembira ,tapi tidak diperbolehkan orang tua saya ,sedih sekali .
Selama menunggu pengumuman saya mengikuti Kursus gitu ,untuk ikut dan mempermudah seleksi SBMPTN yang jalur tertulis ,alhamdulillah saya lulus. Behubung waktu itu saya juga ikut seleksi di Poltekkes Kemenkes Riau (Ini kampus saya sekarang) dan lulus juga, itupun sudah melakukan pembayaran saya pun mengambil di Poltekkes Kemenkes Riau Jurusan d4 Keperawatan. Jujur saya katakan ini semua diluar dugaan saya dan semua ini harus dijalani,soalnya apa yang Kita inginkan belum tentu yang terbaik untuk kita tapi Apa yang sudah Allah takdirkan untuk Kita itulah yang terbaik untuk kita. Pengalaman saya Kuliah di jurusan Keperawatn entar ya di share :D
Jadi initi nya menurut saya pilihlah jurusan yang benar-benar sobat inginkan dan kalau lulus nantik sobat tidak bimbang (lulus ajah bingung) apalagi kalau tidak lulus. Jangan asal-asalan juga ya memilih nanti juga menyesal uang orang tua habis, kita lulus tapi tak memilih kan rugi .
              

Komentar

  1. Wah,.. Menarik banget tulisannya kak.. Bisa membantu dalam menyiapkan bekal nanti pas milih jurusan kuliah. Btw, saya masih kelas 11.. Dan saya masih labil dalam belajar . Kadang semangat kadang down... ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung, semoga kamu dalam pilihan yang tepat dalam memilih jurusan yaa :))

      Hapus
  2. Wah,.. Menarik banget tulisannya kak.. Bisa membantu dalam menyiapkan bekal nanti pas milih jurusan kuliah. Btw, saya masih kelas 11.. Dan saya masih labil dalam belajar . Kadang semangat kadang down... ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LIKA LIKU KULIAH DI KEPERAWATAN

Seseorang Diberi Pahala Sesuai Kadar Niatnya…